Kamis, 18 Desember 2014

IRONIS, PERINGATAN HARI BUKU MASIH SANGAT ASING

 Banyak yang tidak tahu tanggal 23 April adalah hari buku sedunia. Ditilik dari sejarahnya, pada tanggal tersebut, Beberapa tokoh yang berpengaruh dalam kesusastraan dunia, seperti Miguel de Cervantes, William Shakespeare dan Inca Garcilaso de la Vega. meninggal dunia.

Maka, tanggal tersebut menjadi symbol bagi dunia sastra. Akhirnya sebagai bentuk apresiasi terhadap sastrawan dan pengarang yang telah banyak memberikankontribusi terhadap kehidupan manusia. Tanggal ini dijadikan sebagai Hari Buku Sedunia.

Namun, sangat beda ketika perayaan hari Valentine. Tanpa terkecuali di kalangan kaum muda. Tak mau melewatkan moment yang kasih sayang yang dirayakan tiap 14 Februari. Saling Bertukar kado atau pesta menjadi symbol perayaan mereka. Seolah Hari Buku terkesan kurang diperhatikan.
Dari fakta yang terdapat, tak khayal hal ini pula yang menyebabkan semakin menurunnya minat baca anak bangsa, sehingga perhatian terhadap buku kurang bahkan tidak ada. 

Semua itu memang disebabkan banyak factor, selain itu buku dan aktifitas yang terkait dengannya. Seperti membaca dan menulis tidak popular dikalangan masyarakat . Mungkin telinga kita sudah tidak asing mendengar ungkapan, buku adalah jendela dunia. Membaca adalah kunci ilmu. 

Sedangkan gudangnya ilmu adalah buku.

Sepintas ungkapan itu hanya sederhana damun didalamnya mengandung makna yang sangat penting bahwa membaca (iqra’) ternyata merupakan perintah Allah SWT  kepada seluruh umat manusia. Sebagaimana tertuang dalam Qs Al-Alaq (96) ayat 1-5. Hanya saja ungkapan tersebut belum disadari sepenuhnya. 


Melalui hari buku ini di harapkan kepada masyarakat khususnya mahasiswa Unirow untuk lebih aktif lagi untuk bersahabat dengan buku. Memanfaatkan fasilitas perpustakaan yang dilengkapi fasilitas yang memadai, pun sudah berbasis Informassi Teknologi (IT) dan online. Dengan demikian tanpa harus ke perpustakaan dulu, melalui online sudah bisa mengecek ketersediaan buku yang diinginkan.
(Mini)

0 komentar: